11 Desember 2009

RPP Bilangan Bulat dan Bilangan Pecahan

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Satuan Pendidikan : SMP

Mata Pelajaran : Matematika

Kelas/Semester : VII / Ganjil

Materi Pokok : Bilangan Bulat

Alokasi Waktu : 14 x 40’


A. Standar Kompetensi :

1. Memahami sifat-sifat Operasi Hitung bilangan dan penggunaannya dalam pemecahan masalah.

B. Kompetensi Dasar:

1.1. Melakukan Operasi Hitung Bilangan Bulat dan Pecahan

C. Indikator:

1. Memberikan contoh bilangan bulat.

2. Menyatakan sebuah besaran sehati-hari yang menggunakan bilangan negative.

3. Menentukan letak bilangan bulat pada garis bilangan.

4. Melakukan operasi tambah, kurang, kali dan bagi bilangan bulat termasuk operasi campuran.

5. Menghitung kuadrat dan pangkat tiga bilangan bulat.

6. Memberikan contoh berbagai bentuk dan jenis bilangan pecahan, biasa, campuran, decimal, persen dan permil.

7. Mengubah bentuk pecahan ke bentuk pecahan yang lain.

8. Mengurutkan pecahan dan menentukan letaknya pada garis bilangan.

9. Menyelesaikan operasi hitung tambah, kurang, kali dan bagi bilangan pecahan.

10. Melakukan pembulatan bilangan pecahan sampai dua decimal.

11. Menuliskan bilangan pecahan bentuk baku.

D. Tujuan Pembelajaran:

I. 1. Melakukan diskusi tentang jenis-jenis bilangan bulat (pengulangan) Menyebutkan bilangan bulat

2. Mengidentifikasikan besaran sehari-hari yang menggunakan bilangan bulat.

3. Membuat garis bilangan dan menentukan letak bilangan bulat pada garis bilangan

II. 4. Mendiskusikan cara melakukan operasi tambah, kurang, kali, dan bagi pada bilangan bulat termasuk operasi campuran

III. 5. Mendiskusikan untuk menentukan kuadrat dan pangkat tiga, serta akar kuadrat dan akar pangkat tiga.

IV 6. Mendiskusikan jenis-jenis bilangan pecahan menyebutkan bilangan pecahan membuat garis bilangan dan menentukan letak bilangan pecahan pada garis bilangan

V 7. Mendiskusikan bilangan pecahan senilai mendiskusikan cara mengubah bentuk pecahan ke bentuk pecahan yang lain

VI 8. Melakukan operasi hitung tambah, kurang, kali, bagi bilangan pecahan

VII 9. Menuliskan bentuk baku (misal amuba yang panjangnya 0,000001 mikron)

10. Mendiskusikan cara membulatkan bilangan pecahan sampai satu atau dua desimal

E. Materi Pembelajaran:

1. Bilangan Bulat

2. Bilangan Pecahan

F. Metode Pembelajaran:

Ceramah, Tanya jawab, dan diskusi kelompok menggunakan pendekatan Kontekstual dengan model pembelajaran Cooperative Learning

G. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan I

Pendahuluan

  1. Dengan Tanya jawab guru mengaitkan materi bilangan bulat dengan kehidupam sehari-hari.
  2. Menginformasikan akan tujuan pembelajaran yang akan dicapai siswa dalam pembelajaran ini.

Kegiatan Inti

a. Dengan metode tanya jawab siswa diminta menjawab pertanyaan yang dibuat oleh guru seperti: suhu udara hari ini 30o celcius, berapakah suhu udaranya jika naik dan turun sekian derajat.

  1. Siswa dikelompokkan menjadi beberapa kelompok secara hiterogen dengan jumlah anggota per kelompok 3 s.d. 5 siswa.
  2. Masing-masing kelompok mengerjakan dan mendiskusikan lember tugas yang telah disiapkan guru. (LKS)
  3. Guru melakukan penilai proses/kinerja kelompok/performan anggotanya.
  4. Hasil kerja/diskusi kelompok ditulis dalam lembar hasil kerja kelompok.
  5. Dua atau tiga kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil diskusinya kemudian diadakan diskusi antar kelompok dengan dipandu oleh guru.
  6. Siswa mengumpulkan hasil diskusi kelompok, guru melaksanakan penilaian hasil kerja.
  7. Siswa mengerjakan tugas/soal evaluasi individual (LKS)
  8. Siswa mengumpulkan hasil evaluasi individual, guru melaksanakan penilaian hasil kerja.

Kegiatan Penutup

  1. Siswa dipandu untuk membuat rangkuman tentang pengertian bilangan bulat, garis bilangan, letak bilangan bulat pada garis bilangan.
  2. Guru memberikan tugas rumah buku paket hal …. no ….

Pertemuan II

Pendahuluan

a. Dengan tanya jawab guru mengingatkan materi yang telah dipelajari sebelumnya dan menggali pengetahuan siswa tentang garis bilangan

b. Memberi kesempatan kepada siswa untuk menanyakan soal yang sulit dari tugas sebelumnya.

c. Menginformasikan akan kompetensi yang akan dicapai siswa dalam pembelajaran ini.

Kegiatan Inti

a. Dengan metode tanya jawab siswa diminta menjawab pertanyaan yang dibuat oleh guru seperti: Pak Karto adalah penyalur ayam potong, beliau mempunyai persediaan ayam sebanyak 450 ekor sementara hari itu juga 700 ekor ayam, bagimana cara pak karto memenuhinya? Dan berapa ekor kekurangannya.

b. Siswa dikelompokkan menjadi beberapa kelompok secara hiterogen dengan jumlah anggota per kelompok 3 s.d. 5 siswa.

c. Masing-masing kelompok mengerjakan dan mendiskusikan lember tugas yang telah disiapkan guru. (LKS)

d. Guru melakukan penilai proses/kinerja kelompok/performan anggotanya.

e. Hasil kerja/diskusi kelompok ditulis dalam lembar hasil kerja kelompok.

f. Dua atau tiga kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil diskusinya kemudian diadakan diskusi antar kelompok dengan dipandu oleh guru.

g. Siswa mengumpulkan hasil diskusi kelompok, guru melaksanakan penilaian hasil kerja.

h. Siswa mengerjakan tugas/soal evaluasi individual (LKS)

i. Siswa mengumpulkan hasil evaluasi individual, guru melaksanakan penilaian hasil kerja.

Kegiatan Penutup

a. Siswa dipandu untuk membuat rangkuman tentang operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian bilangan bilangan bulat.

b. Guru memberikan tugas rumah buku paket hal …. no ….

Pertemuan III

Pendahuluan

  1. Dengan tanya jawab guru mengingatkan materi yang telah dipelajari sebelumnya dan menggali pengetahuan siswa tentang bentuk akar bilangan
  2. Membahas soal-soal yang sulit dari tugas sebelumnya.
  3. Menginformasikan akan kompetensi yang akan dicapai siswa dalam pembelajaran ini.

Kegiatan Inti

  1. Dengan metode tanya jawab siswa diminta menjawab pertanyaan yang dibuat oleh guru. Satu atau dua siswa diminta menyebutkan dan menguraikan jawabannya
  2. Siswa dikelompokkan menjadi beberapa kelompok secara hiterogen dengan jumlah anggota per kelompok 3 s.d. 5 siswa.
  3. Masing-masing kelompok mengerjakan dan mendiskusikan lember tugas yang telah disiapkan guru. (LKS)
  4. Guru melakukan penilai proses/kinerja kelompok/performan anggotanya.
  5. Hasil kerja/diskusi kelompok ditulis dalam lembar hasil kerja kelompok.
  6. Dua atau tiga kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil diskusinya kemudian diadakan diskusi antar kelompok dengan dipandu oleh guru.
  7. Siswa mengumpulkan hasil diskusi kelompok, guru melaksanakan penilaian hasil kerja.
  8. Siswa mengerjakan tugas/soal evaluasi individual (LKS)
  9. Siswa mengumpulkan hasil evaluasi individual, guru melaksanakan penilaian hasil kerja.

Kegiatan Penutup

  1. Siswa dipandu untuk membuat rangkuman tentang pengertian bilangan bulat, garis bilangan, letak bilangan bulat pada garis bilangan.
  2. Guru memberikan tugas rumah buku paket hal …. no ….

Pertemuan IV

Pendahuluan

  1. Dengan tanya jawab guru mengingatkan materi yang telah dipelajari sebelumnya dan menggali pengetahuan siswa tentang bentuk bilangan pecahan
  2. Memberi kesempatan kepada siswa untuk menanyakan soal yang sulit dari tugas sebelumnya.
  3. Menginformasikan akan kompetensi yang akan dicapai siswa dalam pembelajaran ini.

Kegiatan Inti

  1. Dengan metode eksperimen dan tanya jawab dibahas pengertian bilangan pecahan menggunakan alat peraga yang telah disiapkan
  2. Siswa dikelompokkan menjadi beberapa kelompok secara hiterogen dengan jumlah anggota per kelompok 3 s.d. 5 siswa.
  3. Masing-masing kelompok mengerjakan dan mendiskusikan lember tugas yang telah disiapkan guru. (LKS)
  4. Guru melakukan penilai proses/kinerja kelompok/performan anggotanya.
  5. Hasil kerja/diskusi kelompok ditulis dalam lembar hasil kerja kelompok.
  6. Dua atau tiga kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil diskusinya kemudian diadakan diskusi antar kelompok dengan dipandu oleh guru.
  7. Siswa mengumpulkan hasil diskusi kelompok, guru melaksanakan penilaian hasil kerja.
  8. Siswa mengerjakan tugas/soal evaluasi individual (LKS)
  9. Siswa mengumpulkan hasil evaluasi individual, guru melaksanakan penilaian hasil kerja.

Kegiatan Penutup

  1. Siswa dipandu untuk membuat rangkuman tentang pengertian bilangan bilangan kuadrat dan pangkat tiga sekaligus akar kuadrat dan akar pangkat tiga.
  2. Guru memberikan tugas rumah buku paket hal …. no ….

Pertemuan V

Pendahuluan

  1. Dengan tanya jawab guru mengingatkan materi yang telah dipelajari sebelumnya
  2. Memberi kesempatan kepada siswa untuk menanyakan soal yang sulit dari tugas sebelumnya.
  3. Menginformasikan akan kompetensi yang akan dicapai siswa dalam pembelajaran ini.

Kegiatan Inti

  1. Dengan metode tanya jawab dan menggunakan alat peraga dibahas tentang pecahan senilai, selanjutnya satu atau dua siswa diminta menuliskan contoh pecahan yang senilai
  2. Siswa dikelompokkan menjadi beberapa kelompok secara hiterogen dengan jumlah anggota per kelompok 3 s.d. 5 siswa.
  3. Masing-masing kelompok mengerjakan dan mendiskusikan lember tugas yang telah disiapkan guru. (LKS)
  4. Guru melakukan penilai proses/kinerja kelompok/performan anggotanya.
  5. Hasil kerja/diskusi kelompok ditulis dalam lembar hasil kerja kelompok.
  6. Dua atau tiga kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil diskusinya kemudian diadakan diskusi antar kelompok dengan dipandu oleh guru.
  7. Siswa mengumpulkan hasil diskusi kelompok, guru melaksanakan penilaian hasil kerja.
  8. Siswa mengerjakan tugas/soal evaluasi individual (LKS)
  9. Siswa mengumpulkan hasil evaluasi individual, guru melaksanakan penilaian hasil kerja.

Kegiatan Penutup

  1. Siswa dipandu untuk membuat rangkuman tentang bilangan pecahan senilai sekaligus cara menentukan pecahan senilai.
  2. Guru memberikan tugas rumah buku paket hal …. no ….

Pertemuan VI

Pendahuluan

  1. Dengan tanya jawab guru mengingatkan materi yang telah dipelajari sebelumnya
  2. Memberi kesempatan kepada siswa untuk menanyakan soal yang sulit dari tugas sebelumnya.
  3. Menginformasikan akan kompetensi yang akan dicapai siswa dalam pembelajaran ini.

Kegiatan Inti

  1. Dengan metode tanya jawab dan menggunakan alat peraga dibahas tentang operasi hitung tambah, kurang, kali, bagi bilangan pecahan.
  2. Siswa dikelompokkan menjadi beberapa kelompok secara hiterogen dengan jumlah anggota per kelompok 3 s.d. 5 siswa.
  3. Masing-masing kelompok mengerjakan dan mendiskusikan lember tugas yang telah disiapkan guru. (LKS)
  4. Guru melakukan penilai proses/kinerja kelompok/performan anggotanya.
  5. Hasil kerja/diskusi kelompok ditulis dalam lembar hasil kerja kelompok.
  6. Dua atau tiga kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil diskusinya kemudian diadakan diskusi antar kelompok dengan dipandu oleh guru.
  7. Siswa mengumpulkan hasil diskusi kelompok, guru melaksanakan penilaian hasil kerja.
  8. Siswa mengerjakan tugas/soal evaluasi individual (LKS)
  9. Siswa mengumpulkan hasil evaluasi individual, guru melaksanakan penilaian hasil kerja.

Kegiatan Penutup

  1. Siswa dipandu untuk membuat rangkuman tentang bilangan pecahan senilai sekaligus cara menentukan pecahan senilai.
  2. Guru memberikan tugas rumah buku paket hal …. no ….

Pertemuan VII

Pendahuluan

  1. Dengan tanya jawab guru mengingatkan materi yang telah dipelajari sebelumnya
  2. Memberi kesempatan kepada siswa untuk menanyakan soal yang sulit dari tugas sebelumnya.
  3. Menginformasikan akan kompetensi yang akan dicapai siswa dalam pembelajaran ini.

Kegiatan Inti

  1. Dengan metode tanya jawab menjelaskan bentuk baku bilangan serta cara membulatkan bilangan.
  2. Siswa dikelompokkan menjadi beberapa kelompok secara hiterogen dengan jumlah anggota per kelompok 3 s.d. 5 siswa.
  3. Masing-masing kelompok mengerjakan dan mendiskusikan lember tugas yang telah disiapkan guru. (LKS)
  4. Guru melakukan penilai proses/kinerja kelompok/performan anggotanya.
  5. Hasil kerja/diskusi kelompok ditulis dalam lembar hasil kerja kelompok.
  6. Dua atau tiga kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil diskusinya kemudian diadakan diskusi antar kelompok dengan dipandu oleh guru.
  7. Siswa mengumpulkan hasil diskusi kelompok, guru melaksanakan penilaian hasil kerja.
  8. Siswa mengerjakan tugas/soal evaluasi individual (LKS)
  9. Siswa mengumpulkan hasil evaluasi individual, guru melaksanakan penilaian hasil kerja.

Kegiatan Penutup

  1. Siswa dipandu untuk membuat rangkuman tentang bilangan pecahan senilai sekaligus cara menentukan pecahan senilai.
  2. Guru memberikan tugas rumah buku paket hal …. no ….

H. Sumber Belajar:

1. Buku Sumber : 1. Buku Paket MGMP Matematika Kota Malang

2. LKS MGMP Matematika Kota Malang

I. Penilaian:

1. Teknik : Tes tulis, Quis

2. Bentuk Instrumen : Pilihan ganda dan uraian

3. Instrumen : Terlampir

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Berikan komentar anda. Trima kasih...