11 Desember 2009

RPP Aritmatika Sosial

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Satuan Pendidikan : SMP

Mata Pelajaran : Matematika

Kelas/Semester : VII / Gasal

Materi Pokok : Aritmatika Sosial

Alokasi Waktu : 6 x 40’

A. Standar Kompetensi :

3.1 Menggunakan bentuk aljabar persamaan dan pertidaksamaan satu variable dan perbandingan dalam pemecahan masalah.

B. Kompetensi Dasar:

3. Menggunakan konsep aljabar dalam pemecahan aritmetika social yang sederhana..

C. Indikator:

1. Menghitung nilai keseleuruhan, nilai perunit dan nilai sebagian.

2. Menentukan besar dan persentase laba, rugi, harga jual, harga beli, rabat, bunga tunggal dalam kegiatan ekonomi.

3. Menggunakan konsep dalam pemecahan masalah aritmetika social yang sederhana.

D. Tujuan Pembelajaran:

I. 1. Mendiskusikan pengertian dan menghitung nilai keseluruhan, nilai per unit dan nilai sebagian

II. 2. Melakukan simulasi kegiatan ekonomi sehari-hari (jual beli)

3 Mendiskusikan pengertian dan menghitung besar laba, rugi, harga jual, harga beli, rabat, dan bunga tunggal dalam kegiatan ekonomi.

III. 4. Menggunakan konsep aljabar dalam pemecahan masalah aritmetika yang sederhana.

E. Materi Pembelajaran:

1. Artimetika Sosial

F. Metode Pembelajaran:

Ceramah, Tanya jawab, dan diskusi kelompok menggunakan pendekatan Kontekstual dengan model pembelajaran Cooperative Learning


G. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan I

Pendahuluan

  1. Dengan metode tanya jawab guru mengingat kembali tentang hubungan harga dan banyaknya barang.
  2. Menginformasikan akan tujuan pembelajaran yang akan dicapai siswa dalam pembelajaran ini.

Kegiatan Inti

a. Dengan metode tanya jawab dibahas tentang nilai keseluruhan, nilai per unit, dan nilai sebagian.

  1. Siswa dikelompokkan menjadi beberapa kelompok secara hiterogen dengan jumlah anggota per kelompok 3 s.d. 5 siswa.
  2. Masing-masing kelompok mengerjakan dan mendiskusikan lember tugas yang telah disiapkan guru. (LKS)
  3. Guru melakukan penilai proses/kinerja kelompok/performan anggotanya.
  4. Hasil kerja/diskusi kelompok ditulis dalam lembar hasil kerja kelompok.
  5. Dua atau tiga kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil diskusinya kemudian diadakan diskusi antar kelompok dengan dipandu oleh guru.
  6. Siswa mengumpulkan hasil diskusi kelompok, guru melaksanakan penilaian hasil kerja.
  7. Siswa mengerjakan tugas/soal evaluasi individual (LKS)
  8. Siswa mengumpulkan hasil evaluasi individual, guru melaksanakan penilaian hasil kerja.

Kegiatan Penutup

  1. Siswa dipandu untuk membuat rangkuman tentang nilai keseluruhan, nilai per unit, dan nilai sebagian.
  2. Guru memberikan tugas rumah buku paket hal …. no ….
  3. Guru menyampaikan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.

Pertemuan II

Pendahuluan

  1. Dengan metode tanya jawab guru mengingat kembali tentang apa saja yang dilihat dan dilakukan siswa ketika berkunjung ke pasar.
  2. Menginformasikan akan tujuan pembelajaran yang akan dicapai siswa dalam pembelajaran ini.

Kegiatan Inti

a. Dengan metode tanya jawab dibahas tentang apa yang dilakukan oleh pedagang dan pembeli serta dibahas tentang harga jual, harga beli, untung, rugi, persentasi untung, persentase rugi.

  1. Siswa dikelompokkan menjadi beberapa kelompok secara hiterogen dengan jumlah anggota per kelompok 3 s.d. 5 siswa.
  2. Masing-masing kelompok mengerjakan dan mendiskusikan lember tugas yang telah disiapkan guru. (LKS)
  3. Guru melakukan penilai proses/kinerja kelompok/performan anggotanya.
  4. Hasil kerja/diskusi kelompok ditulis dalam lembar hasil kerja kelompok.
  5. Dua atau tiga kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil diskusinya kemudian diadakan diskusi antar kelompok dengan dipandu oleh guru.
  6. Siswa mengumpulkan hasil diskusi kelompok, guru melaksanakan penilaian hasil kerja.
  7. Siswa mengerjakan tugas/soal evaluasi individual (LKS)
  8. Siswa mengumpulkan hasil evaluasi individual, guru melaksanakan penilaian hasil kerja.

Kegiatan Penutup

a. Siswa dipandu untuk membuat rangkuman tentang harga jual, harga beli, untung, rugi, persentasi untung, persentase rugi.

b. Guru memberikan tugas rumah buku paket hal …. no ….

c. Guru menyampaikan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.

Pertemuan III

Pendahuluan

a. Dengan metode tanya jawab guru mengingat kembali tentang apa saja yang dilihat dan dilakukan siswa ketika berkunjung ke Mall dank ke bank.

b. Menginformasikan akan tujuan pembelajaran yang akan dicapai siswa dalam pembelajaran ini.

Kegiatan Inti

a. Dengan metode tanya jawab dibahas tentang apa yang dilakukan oleh pedagang dan pembeli serta dibahas tentang rabat (diskon), bruto, tara, netto dan bunga tunggal.

b. Siswa dikelompokkan menjadi beberapa kelompok secara hiterogen dengan jumlah anggota per kelompok 3 s.d. 5 siswa.

c. Masing-masing kelompok mengerjakan dan mendiskusikan lember tugas yang telah disiapkan guru. (LKS)

d. Guru melakukan penilai proses/kinerja kelompok/performan anggotanya.

e. Hasil kerja/diskusi kelompok ditulis dalam lembar hasil kerja kelompok.

f. Dua atau tiga kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil diskusinya kemudian diadakan diskusi antar kelompok dengan dipandu oleh guru.

g. Siswa mengumpulkan hasil diskusi kelompok, guru melaksanakan penilaian hasil kerja.

h. Siswa mengerjakan tugas/soal evaluasi individual (LKS)

i. Siswa mengumpulkan hasil evaluasi individual, guru melaksanakan penilaian hasil kerja.

Kegiatan Penutup

  1. Siswa dipandu untuk membuat rangkuman tentang rabat (diskon), bruto, tara, netto dan bunga tunggal.
  2. Guru memberikan tugas rumah buku paket hal …. no ….
  3. Guru menyampaikan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.

H. Sumber Belajar:

1. Buku Sumber : 1. Buku Paket MGMP Matematika Kota Malang

2. LKS MGMP Matematika Kota Malang

I. Penilaian:

1. Teknik : Tes tulis, Quis

2. Bentuk Instrumen : Pilihan ganda dan uraian

3. Instrumen : Terlampir

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Berikan komentar anda. Trima kasih...