11 Desember 2009

RPP Himpunan

NCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Satuan Pendidikan : SMP

Mata Pelajaran : Matematika

Kelas/Semester : VII / Genap

Materi Pokok : Himpunan

Alokasi Waktu : 4 x 40’

A. Standar Kompetensi :

4. Menggunakan konsep himpunan dan diagram venn dalam pemecahan masalah.

B. Kompetensi Dasar:

4.1. Memahami pengertian dan notasi himpunan serta penyajiannya.

C. Indikator:

1. Menyatakan masalah sehari-hari dalam bentuk himpunan dan mendata anggotanya.

2. Menyebutkan anggota dan bukan anggota himpunan serta notasinya

3. Mengenal himpunan berhingga dan tidak berhingga.

4. Membedakan himpunan kosong dan nol serta notasinya.

D. Tujuan Pembelajaran:

1. Siswa dapat menentukan pengertian himpunan.

2. Siswa dapat membedakan contoh yang merupakan himpunan dan bukan himpunan .

3. Siswa dapat menyatakan masalah sehari-hari dengan bentuk himpunan dan mendata anggotanya.

4. Siswa dapat menyebutkan anggota dan bukan anggota suatu himpunan serta menuliskannya dalam bentuk notasi.

5. Siswa dapat mengolah cara penyajian himpunan dari sutau kelompok.

6. Siswa dapat memberikan contoh himpunan berhingga dan tidak berhingga.

7. Siswa dapat memberikan contoh beberapa himpunan kosong serta menuliskan notasinya..

E. Materi Pembelajaran:

Himpunan

F. Metode Pembelajaran:

Ceramah, Tanya jawab, dan pemberian tugas diskusi kelompok menggunakan pendekatan Kontekstual dengan model pembelajaran Cooperative Learning

G. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan I

Pendahuluan

  1. Guru membimbing siswa mengelompokkan benda-benda disekitar kita yang memiliki sifat sama.
  2. Memberikan motivasi tentang pentingnya materi ini.
  3. Menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai siswa dalam pembelajaran ini.


Kegiatan Inti

a. Guru membimbing siswa mengelompokkan contoh-contoh tentang kumpulan yang merupakan himpunan dan bukan himpunan.

  1. Dengan metode tanya jawab, membimbing siswa menentukan arti dari suatu himpunan.
  2. Menunjuk beberapa siswa untuk meberikan contoh himpunan di sekitar kehidupan siswa dan siswa lain diajak untuk mencocokkan kebenarannya jawaban siswa tersebut.
  3. Menunjukkan beberapa siswa untuk memberikan contoh himpunan dan diminta mendata kemudian siswa lain diminta mencocokkan kebenaran jawaban siswa tersebut.
  4. Siswa dikelompokkan menjadi beberapa kelompok secara hiterogen dengan jumlah anggota per kelompok 3 s.d. 5 siswa
  5. Masing-masing kelompok mengerjakan dan mendiskusikan LKS yang sudah disiapkan guru atau soal dari buku paket
  6. Guru melakukan penilai proses/kinerja kelompok/performan anggotanya.
  7. Siswa menuliskan hasil kerja/diskusi kelompok dalam lembar hasil kerja kelompok sekaligus membimbing.
  8. Guru menunjuk dua atau tiga kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil diskusinya kemudian siswa yang lain diminta menanggapinya..
  9. Guru melakukan penilaian hasil kerja siswa.
  10. Siswa mengumpulkan hasil diskusi kelompok, guru melaksanakan penilaian hasil kerja.
  11. Guru memberikan sesi tanya jawab secara klasikal untuk materi-materi yang belum dipahami siswa.
  12. Siswa mengerjakan tugas/soal evaluasi individual (LKS)
  13. Siswa mengumpulkan hasil evaluasi individual, guru melaksanakan penilaian hasil kerja.

Kegiatan Penutup

  1. Siswa dipandu untuk membuat rangkuman tentang materi yang baru saja dipelajari
  2. Guru memberikan tugas rumah buku paket hal …. no ….
  3. Guru menyampaikan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.

Pertemuan II

Pendahuluan

a. Membahas PR dari pertemuan sebelumnya.

b. Memberikan motivasi tentang pentingnya materi himpunan dalam kehidupan sehari-hari.

c. Menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai siswa dalam pembelajaran ini.

Kegiatan Inti

a. Guru memberikan permasalahan himpunan yang dituliskan dengan kalimat.

b. Siswa diminta mengubah penulisannya dengan cara mendaftar anggotanya dan notasi pembentuk himpunan dengan panduan buku paket.

c. Dengan Tanya jawab dan ceramah, guru membahas permasalahan tadi.

d. Dibentuk kelompok-kelompok teman sebangku untuk membahas soal-soal dalam buku paket yang berkaitan dengan cara mengubah penulisan himpunan dalam bentuk notasi ke dalam kalimat dan mendaftar anggotanya .

e. Dengan Tanya jawab dan ceramah, guru membahas permasalahan tadi.

f. Membimbing siswa mempelajari tentang himpunan berhingga dan tak berhingga.

g. Guru memberikan soal-soal dalam kehidupan sehari-hari dan siswa diminta mengidentifikasi termasuk himpunan berhingga atau tidak berhingga.

h. Membimbing siswa mempelajari tentang himpunan kosong dan himpunan nol.

i. Guru memberikan soal-soal dalam kehidupan sehari-hari dan siswa diminta mengidentifikasi termasuk himpunan kosong atau tidak.


Kegiatan Penutup

a. Guru membimbing siswa untuk membuat rangkuman tentang materi yang telah dipelajari.

b. Guru memberikan tugas rumah buku paket hal …. no ….

c. Guru menyampaikan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.

H. Sumber Belajar:

1. Buku Sumber : 1. Buku Paket MGMP Matematika Kota Malang

2. LKS MGMP Matematika Kota Malang

I. Penilaian:

1. Teknik : Tes tulis, Quis

2. Bentuk Instrumen : Pilihan ganda dan uraian

3. Instrumen : Terlampir


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Satuan Pendidikan : SMP

Mata Pelajaran : Matematika

Kelas/Semester : VII / Genap

Tahun Pelajaran : 2006 / 2007

Materi Pokok : Himpunan

Alokasi Waktu : 4x 45’

A. Standar Kompetensi :

4. Menggunakan konsep himpunan dan Diagram Venn dalam pemecahan masalah.

B. Kompetensi Dasar:

4.2. Memahami konsep himpunan bagian.

C. Indikator:

1. Menentukan himpunan bagian dari suatu himpunan.

2. Menentukan banyaknya himpunan bagian dari suatu himpunan

3. Menjelaskan pengertian himpunan semesta serta dapat menyebutkan anggotanya.

D. Tujuan Pembelajaran:

1. Siswa dapat menentukan himpunan bagian dari suatu himpunan.

2. Siswa dapat menentukan banyaknya himpunan bagian dari suatu himpunan.

3. Siswa dapat menjelaskan pengertian himpunan semesta serta dapat menuliskan himpunan semesta dari suatu himpunan.

E. Materi Pembelajaran:

Himpunan Bagian

Himpunan semesta

F. Metode Pembelajaran:

Ceramah, Tanya jawab, dan pemberian tugas diskusi kelompok menggunakan pendekatan Kontekstual dengan model pembelajaran Cooperative Learning

G. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan I

Pendahuluan

a. Guru membahas PR tentang materi sebelumnya.

b. Memberikan motivasi tentang pentingnya materi ini.

c. Menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai siswa dalam pembelajaran ini.

Kegiatan Inti

a. Mengelompokkan siswa menjadi 3 – 4 siswa yang berdekatan untuk mendiskusikan masalah tentang himpunan bagian sambil mengerjakan contoh pada buku paket.

b. Guru menunjuk dua atau tiga kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil diskusinya kemudian siswa yang lain diminta menanggapinya..

c. Guru memberikan soal latihan tentang menentukan himpunan bagian dari himpunan yang mempunyai 4 anggota dengan cara mendaftar semua naggotanya. Siswa mengerjakan dan mencocokkan dengan rumus.

d. Guru bersama siswa mencocokkan jawaban, memberi pujian yang sudah benar dan memberi semangat yang belum benar.

e. Guru memberikan sesi tanya jawab secara klasikal untuk materi-materi yang belum dipahami siswa.

f. Siswa mengerjakan tugas/soal evaluasi individual.

g. Siswa mengumpulkan hasil evaluasi individual, guru melaksanakan penilaian hasil kerja.

Kegiatan Penutup

a. Siswa dipandu untuk membuat rangkuman tentang materi yang dipelajari.

b. Guru memberikan tugas rumah buku paket hal …. no ….

c. Guru menyampaikan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.

Pertemuan II

Pendahuluan

  1. Membahas PR dari pertemuan sebelumnya.
  2. Memberikan motivasi bagi siswa yang belum benar mengerjakan PR.
  3. Menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai siswa dalam pembelajaran ini.

Kegiatan Inti

  1. Membimbing siswa mempelajari tentang pengertian himpunan semesta.
  2. Guru memberikan soal-soal dalam kehidupan sehari-hari dan siswa diminta mengidentifikasi nama himpunan semestanya.
  3. Membimbing siswa mengerjakan soal-soal latihan pada buku Paket, LKS serta soal tambahan dari buku referensi guru.
  4. Guru membahas soal dan siswa mencocokkan kemudian memasukkan nilai siswa.


Kegiatan Penutup

  1. Guru membimbing siswa untuk membuat rangkuman tentang materi yang telah dipelajari.
  2. Guru menyampaikan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.

H. Sumber Belajar:

1. Buku Sumber : 1. Buku Paket MGMP Matematika Kota Malang

2. LKS MGMP Matematika Kota Malang

I. Penilaian:

1. Teknik : Tes tulis, Quis

2. Bentuk Instrumen : Pilihan ganda dan uraian

3. Instrumen : Terlampir

Malang, November 2009


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Satuan Pendidikan : SMP

Mata Pelajaran : Matematika

Kelas/Semester : VII / Genap

Materi Pokok : Himpunan

Alokasi Waktu : 6x 40’

A. Standar Kompetensi :

4. Menggunakan konsep himpunan dan Diagram Venn dalam pemecahan masalah.

B. Kompetensi Dasar:

4.3. Melakukan operasi Irisan, Gabungan, Kurang (difference) dan Komplemen pada himpunan.

C. Indikator:

1. Menentukan notasi Irisan dan Gabungan dari dua himpunan.

2. Menetukan irisan dan gabungan dari dua himpunan

3. Menentukan kurang (difference) suatu himpunan dari suatu himpunan

4. Menentukan komplemen suatu himpunan.

D. Tujuan Pembelajaran:

  1. Siswa dapat menentukan irisan dan gabungan dua himpunan serta menentukan banyaknya anggota himpunan dengan notasi.
  2. Siswa dapat menentukan anggota kurang (difference) suatu himpunan dari suatu himpunan serta menentukan banyaknya anggota himpunan dengan notasi.
  3. Siswa dapat menentukan komplemen suatu himpunan serta menentukan banyak anggotanya dengan notasi.

E. Materi Pembelajaran:

Ö Irisan, Gabungan, kurang (difference) dan komplemen Himpunan

F. Metode Pembelajaran:

Ceramah, Tanya jawab, dan pemberian tugas diskusi kelompok menggunakan pendekatan Kontekstual dengan model pembelajaran Cooperative Learning

G. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan I

Pendahuluan

a. Memberikan motivasi tentang pentingnya materi ini.

b. Menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai siswa dalam pembelajaran ini.


Kegiatan Inti

a. Membimbing siswa mempelajari tentang pengertian irisan dan gabungan dua himpunan yang dicontohkan guru.

b. Siswa diajak untuk menentukan anggota irisan dan gabungan dua himpunan yang dicontohkan.

c. Guru menunjuk dua atau tiga siswa diminta untuk mempresentasikan dan siswa lain diminta menanggapinya..

d. Guru meberikan soal latihan tentang menentukan himpunan secara individu dari buku paket.

e. Siswa mengerjakan tugas/soal evaluasi individual.

f. Siswa mengumpulkan hasil evaluasi individual, guru melaksanakan penilaian hasil kerja.

Kegiatan Penutup

a. Siswa dipandu untuk membuat rangkuman tentang materi yang dipelajari.

b. Guru memberikan PR dari LKS

c. Guru menyampaikan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.

Pertemuan II

Pendahuluan

a. Bersama siswa membahas PR sebelumnya.

b. Menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai siswa dalam pembelajaran ini.

Kegiatan Inti

a. Membimbing siswa mempelajari tentang menetukan banyaknya irisan dan gabungan dua himpunan yang dicontohkan guru.

b. Siswa diajak untuk menentukan banyaknya anggota irisan dan gabungan dua himpunan yang dicontohkan.

c. Guru menunjuk dua atau tiga siswa diminta untuk mempresentasikan dan siswa lain diminta menanggapinya..

d. Siswa mengerjakan tugas/soal evaluasi individual.

e. Siswa mengumpulkan hasil evaluasi individual, guru melaksanakan penilaian hasil kerja

Kegiatan Penutup

a. Siswa dibimbing untuk membuat rangkuman tentang materi yang dipelajari.

b. Guru memberikan PR dari LKS

Pertemuan III

Pendahuluan

a. Membahas PR dari pertemuan sebelumnya dan memberikan pujian bagi siswa yang sudah benar mengerjakan serta memotivasi siswa yang belum benar mengerjakannya.

b. Menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai siswa dalam pembelajaran ini.

Kegiatan Inti

a. Dengan tanya jawab, siswa diminta untuk menyebutkan lambang kurang dari dua himpunan.

b. Guru dan siswa mendiskusikan tentang operasi kurang dari dua himpunan.

c. Siswa mengerjakan soal-soal latihan tentang operasi kurang dari dua himpunan yang terdapat pada buku paket.

d. Siswa mengerjakan tugas/soal evaluasi individual.

e. Siswa mengumpulkan hasil evaluasi individual, guru melaksanakan penilaian hasil kerja.

Kegiatan Penutup

a. Siswa dipandu untuk membuat rangkuman tentang materi yang dipelajari.

b. Guru memberikan PR dari LKS

c. Guru menyampaikan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.

Pertemuan IV

Pendahuluan

a. Membahas PR dari pertemuan sebelumnya dan memberikan pujian bagi siswa yang sudah benar mengerjakan serta memotivasi siswa yang belum benar mengerjakannya.

b. Menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai siswa dalam pembelajaran ini.

Kegiatan Inti

  1. Siswa berdiskusi tentang komplemen dari dua himpunan dengan kawan sebangku.
  2. Guru dan siswa berdialog bagaimana caranya menuliskan notasi komplemen dari dua himpunan.
  3. Siswa mengerjakan soal-soal latihan yang terdapat pada buku paket.
  4. Siswa mengerjakan tugas/soal evaluasi individual.
  5. Siswa mengumpulkan hasil evaluasi individual, guru melaksanakan penilaian hasil kerja.

Kegiatan Penutup

a. Siswa dipandu untuk membuat rangkuman tentang materi yang dipelajari.

b. Guru memberikan PR dari LKS


H. Sumber Belajar:

1. Buku Sumber : 1. Buku Paket MGMP Matematika Kota Malang

2. LKS MGMP Matematika Kota Malang

I. Penilaian:

1. Teknik : Tes tulis, Quis

2. Bentuk Instrumen : Pilihan ganda dan uraian

3. Instrumen : Terlampir





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Satuan Pendidikan : SMP

Mata Pelajaran : Matematika

Kelas/Semester : VII / Genap

Materi Pokok : Himpunan

Alokasi Waktu : 6 x 40’

A. Standar Kompetensi :

4. Menggunakan konsep himpunan dan Diagram Venn dalam pemecahan masalah.

B. Kompetensi Dasar:

4.4. Menyajikan Himpunan dengan diagram Venn.

C. Indikator:

1. Menyajikan dengan diagram Venn dari suatu permasalahan yang terkait dengan Irisan dan Gabungan dua himpunan.

2. Menyajikan Kurang (difference) dengan diagram Venn

3. Menyajikan komplemen suatu himpunan dengan diagram Venn.

D. Tujuan Pembelajaran:

1. Siswa dapat menggambarkan diagram Venn dari suatu permasalahan terkait dengan irisan dan gabungan dua himpunan, kurang (difference), dan komplemen suatu himpunan

2. Mengidentifikasi dari diagram Venn himpunan yang saling lepas atau tidak saling lepas.

E. Materi Pembelajaran:

Ö Diagram Venn Irisan, Gabungan, kurang (difference) dan komplemen Himpunan

F. Metode Pembelajaran:

Ceramah, Tanya jawab, dan pemberian tugas diskusi kelompok menggunakan pendekatan Kontekstual dengan model pembelajaran Cooperative Learning

G. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan I

Pendahuluan

Menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai siswa dalam pembelajaran ini.

Kegiatan Inti

a. Membimbing siswa mempelajari tentang diagram Venn dan menggambarkan diagram Venn himpunan yang dicontohkan guru. Misalnya: Diketahui A = {a, b, c, d}; B = {c, d, e, f}; dan S = {a, b, c, d, e, f, g, h}. gambarkan diagram Venn dari pernyataan tersebut.

b. Siswa mengerjakan sambil memberikan kesempatan yang pertama bagi siswa yang selesai untuk mempresentasikan di depan siswa lain selanjutnya siswa yang lain memberi tanggapan.

Kegiatan Penutup

a. Siswa dipandu untuk membuat rangkuman tentang materi yang dipelajari.

b. Memberikan PR tentang diagram Venn Irisan dan Gabungan dua Himpunan

Pertemuan II

Pendahuluan

c. Membahas PR dari pertemuan sebelumnya dan memberikan pujian bagi siswa yang sudah benar mengerjakan serta memotivasi siswa yang belum benar mengerjakannya.

d. Menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dipelajari

Kegiatan Inti

a. Membimbing siswa mempelajari tentang diagram Venn yang berhubungan dengan kurang (difference) dan komplemen suatu himpunan.

b. Guru meminta siswa mengerjakan soal-soal pada LKS tentang diagram Venn yang berhubungan dengan kurang (difference) dan komplemen suatu himpunan.

c. Guru memotivasi dan melakukan penilai proses/kinerja siswa.

d. Bersama siswa membahas soal-soal latihan yang telah dikerjakan sambil mengecek tentang diagram Venn yang berhubungan dengan kurang (difference) dan komplemen suatu himpunan..

Kegiatan Penutup

  1. Membimbing siswa membuat rangkuman.
  2. Guru memberi tugas untuk dikerjakan di rumah

Pertemuan III

Pendahuluan

a. Membahas PR dari pertemuan sebelumnya dan memberikan pujian bagi siswa yang sudah benar mengerjakan serta memotivasi siswa yang belum benar mengerjakannya.

b. Menginformasikan kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan saat ini

Kegiatan Inti

a. Guru membagi kelompok yang terdiri dari 3 s.d. 4 siswa untuk mengerjakan soal yang dibuat guru dari buku referensi lain.

b. Guru memotivasi dan melakukan penilai proses/kinerja siswa.

c. Ditunjuk 3 atau 3 kelompok untuk mempresentasikan hasil kerjanya dan kelompok lain memberi tanggapan

Kegiatan Penutup

a. Dengan Tanya jawab, guru merefleksi materi yang baru dipelajari

b. Guru memberikan PR dari LKS

H. Sumber Belajar:

1. Buku Sumber : 1. Buku Paket MGMP Matematika Kota Malang

2. LKS MGMP Matematika Kota Malang

I. Penilaian:

1. Teknik : Tes tulis, Quis

2. Bentuk Instrumen : Pilihan ganda dan uraian

3. Instrumen : Terlampir

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Berikan komentar anda. Trima kasih...