03 Januari 2010

RPP Perbandingan

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Satuan Pendidikan : SMP
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : VII / Gasal
Materi Pokok : Perbandingan
Alokasi Waktu : 6 x 40’

A. Standar Kompetensi :
3. Menggunakan bentuk aljabar, persamaan dan pertidaksamaan linier satu variabel, dan perbandingan dalam pemecahan masalah
B. Kompetensi Dasar:
3. 4. Menggunakan konsep perbandingan untuk pemecahan masalah.

C. Indikator:
1. Menjelaskan pengertian senilai dan berbalik nilai sebagai suatu perbandingan.
2. Memberikan contoh masalah sehari-hari yang merupakan perbandingan seharga (senilai) dan berbalik harga (berbalik nilai)
3. Menyelesaikan soal yang melibatkan perbandingan seharga (senilai) dan berbalikharga (berbalik nilai)

D. Tujuan Pembelajaran:
1. Mendiskusikan pengertian senilai dan berbalik nilai sebagai suatu perbandingan
2. Menyebutkan contoh-contoh masalah sehari-hari yang merupakan perbandingan seharga (senilai) dan berbalik harga (berbalik nilai)
3. Menggunakan perbandingan seharga (senilai) dan berbalik harga (berbalik nilai) untuk menyelesaikan masalah sehari-hari.

E. Materi Pembelajaran:
1. Pebandingan

F. Metode Pembelajaran:
Ceramah, Tanya jawab, dan pemberian tugas diskusi kelompok menggunakan pendekatan Kontekstual dengan model pembelajaran Cooperative Learning

G. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan I
Pendahuluan
a. Dengan metode tanya jawab guru mengaitkan materi dengan kehidupan sehari-hari.
b. Menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai siswa dalam pembelajaran ini.


Kegiatan Inti
a. Siswa diminta mengerjakan masalah kue yang dibeli si A, kemudian diminta menjelaskan pengertian perbandingan seharga.
b. Siswa diminta mengerjakan pembagian donat pada Ulang Tahun kemudian siswa diminta menjelaskan pengertian perbandingan berbalik harga.
c. Guru meminta agar siswa secara berkelompok atau sebangku untukmendiskusikan pengertian perbandingan seharga dan berbalik harga
d. Masing-masing kelompok mengerjakan dan mendiskusikan LKS yang sudah disiapkan guru atau soal dari buku paket.
e. Guru melakukan penilai proses/kinerja kelompok/performan anggotanya.
f. Siswa menuliskan hasil kerja/diskusi kelompok dalam lembar hasil kerja kelompok.
g. Guru menunjuk dua atau tiga kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil diskusinya kemudian diadakan diskusi antar kelompok dengan dipandu oleh guru.
h. Guru melakukan penilaian hasil kerja.
i. Siswa mengumpulkan hasil diskusi kelompok, guru melaksanakan penilaian hasil kerja.
j. Siswa mengerjakan tugas/soal evaluasi individual (LKS)
k. Siswa mengumpulkan hasil evaluasi individual, guru melaksanakan penilaian hasil kerja.

Kegiatan Penutup
a. Siswa dipandu untuk membuat rangkuman tentang pengertian perbandingan seharga dan berbalik harga.
b. Guru memberikan tugas rumah buku paket hal …. no ….
c. Guru menyampaikan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.


Pertemuan II
Pendahuluan
a. Dengan metode tanya jawab guru mengaitkan materi dengan kehidupan sehari-hari. Misalnya: membandingan banyak buku dari dua orang siswa
b. Menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai siswa dalam pembelajaran ini.

Kegiatan Inti
a. Siswa diminta menjawab pertanyaan tentang perbandingan banyak buku si A dan banyak buku si B, kemudian diminta membandingkan jawabannya dengan beberapa siswa.
b. Guru memberi contoh perbandingan dalam kehidupan sehari-hari, kemudian siswa diminta untuk memberi contoh perbandingan lainnya dan disederhanakan.
c. Siswa dikelompokkan menjadi beberapa kelompok secara hiterogen dengan jumlah anggota per kelompok 3 s.d. 5 siswa.
d. Masing-masing kelompok mengerjakan dan mendiskusikan LKS yang sudah disiapkan guru atau soal dari buku paket.
e. Guru melakukan penilai proses/kinerja kelompok/performan anggotanya.
f. Siswa menuliskan hasil kerja/diskusi kelompok dalam lembar hasil kerja kelompok.
g. Guru menunjuk dua atau tiga kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil diskusinya kemudian diadakan diskusi antar kelompok dengan dipandu oleh guru.
h. Guru melakukan penilaian hasil kerja.
i. Siswa mengumpulkan hasil diskusi kelompok, guru melaksanakan penilaian hasil kerja.
j. Siswa mengerjakan tugas/soal evaluasi individual (LKS)
k. Siswa mengumpulkan hasil evaluasi individual, guru melaksanakan penilaian hasil kerja.

Kegiatan Penutup
a. Guru membimbing siswa untuk membuat rangkuman tentang materi yang telah dipelajari.
b. Guru memberikan tugas rumah buku paket hal …. no ….
c. Guru menyampaikan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.

Pertemuan III
Pendahuluan
a. Guru menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai siswa dalam pembelajaran ini.
b. Dengan metode tanya jawab guru mengingatkan kembali tentang perbandingan seharga (senilai) dan perbandingan berbalik harga (berbalik nilai)

Kegiatan Inti
a. Siswa dimotivasi dengan pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan perbandingan dalam kehidupan sehari-hari.
b. Siswa dikelompokkan menjadi beberapa kelompok secara hiterogen dengan jumlah anggota per kelompok 3 s.d. 5 siswa atau dengan teman sebangku.
c. Guru memberikan soal-soal tentang perbandingan seharga (senilai) dan berbalik harga (berbalik nilai).
d. Masing-masing kelompok mengerjakan dan mendiskusikan LKS yang sudah disiapkan guru.
e. Guru melakukan penilai proses/kinerja kelompok/performan anggotanya serta memberi bimbingan seperlunya.
f. Siswa menuliskan hasil kerja/diskusi kelompok dalam lembar hasil kerja kelompok.
g. Guru menunjuk dua atau tiga kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil diskusinya kemudian diadakan diskusi antar kelompok dengan dipandu oleh guru.
h. Guru melakukan penilaian hasil kerja.
i. Siswa mengumpulkan hasil diskusi kelompok, guru melaksanakan penilaian hasil kerja.
j. Siswa mengerjakan tugas/soal evaluasi individual (LKS)
k. Siswa mengumpulkan hasil evaluasi individual, guru melaksanakan penilaian hasil kerja.

Kegiatan Penutup
a. Guru membimbing siswa untuk membuat rangkuman tentang materi yang telah dipelajari.
b. Guru memberikan tugas rumah buku paket hal …. no ….
c. Guru menyampaikan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.

H. Sumber Belajar:
1. Buku Sumber : 1. Buku Paket MGMP Matematika Kota Malang
2. LKS MGMP Matematika Kota Malang

I. Penilaian:
1. Teknik : Tes tulis, Quis
2. Bentuk Instrumen : Pilihan ganda dan uraian
3. Instrumen :

1. Pada peta propinsi Jambi tertulis: skala 1: 5.200.000.
Apakah arti skala 1 : 5.200.000 tersebut ?
2. Pagar yang tingginya 150 cm mempunyai panjang bayangan 3 m. Bila panjang bayangan sebuah tiang bendera 3,5m, tetukan faktor pengecilannya.
3. Jika sebuah kaos harganya Rp 25.000, maka 2 buah kaos harganya Rp50.000,00. Pernyataan tersebut merupakan:
a. Perbandingan senilai.
b. Perbandingan berbalik nilai.

4. Sebuah truk dapat mengangkut gula sebanyak 356 karung. Satu karung gula beratnya 50 kg. Jika satu karung beras beratnya 40 kg, berapa karung beras yang dapat diangkut oleh truk tersebut?
5. Skala dari model gedung adalah 1 : 200. Jika tinggi gedung pada model itu 12,5 cm, maka tinggi gedung sebenarnya adalah ...



Malang, November 2009

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berikan komentar anda. Trima kasih...