03 Januari 2010

RPP Garis dan Sudut

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Satuan Pendidikan : SMP
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas / Semester : 7 / Genap
Materi Pokok : Garis dan Sudut
Alokasi Waktu : 4 x 40 menit ( 2 pertemuan )

A. Standar Kompetensi
5. Memahami hubungan garis dan sudut, garis dengan sudut , sudut dengan sudut, serta menentukan ukurannya

B. Kompetensi Dasar
5.1 Menentukan hubungan antara dua garis, serta besar dan jenis sudut

C. Indikator
1) Menjelaskan kedudukan dua garis (sejajar, berhimpit, berpotongan, bersilangan) melalui benda kongkrit
2) Mengenal satuan sudut yang sering digunakan
3) Mengukur besar sudut dengan busur derajat
4) Menjelaskan perbedaan jenis sudut (siku, lancip, dan tumpul)

D. Tujuan Pembelajaran
1) Siswa dapat menjelaskan kedudukan dua garis (sejajar, berhimpit, berpotongan, bersilangan) melalui benda kongkrit.
2) Siswa dapat mengenal satuan sudut yang sering digunakan
3) Siswa dapat mengukur besar sudut dengan busur derajat
4) Siswa dapat menjelaskan perbedaan jenis sudut (siku, lancip, tumpul)

E. Materi Pembelajaran
Garis dan sudut

F.Metode Pembelajaran
Tanya jawab, diskusi, dan demonstrasi

G. Langkah-langkah Kegiatan
PERTEMUAN 1
Pendahuluan :
a. Guru mengaitkan materi yang dipelajari dengan pengetahuan awal siswa
b. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
c. Guru memberikan motivasi akan pentingnya mempelajari materi ini dan manfaat dalam kehidupan sehari-hari
Kegiatan Inti :
a. Guru membimbing dan mengingatkan kembali masalah kontekstual yang berhubungan dengan dua garis dan satuan sudut.
b. Dengan tanya jawab siswa diarahkan untuk menyebutkan beberapa contoh bangun yang berbentuk garis yang terdapat di dalam kelas.
c. Mengingatkan kembali pada siswa satuan sudut yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
d. Mengarahkan siswa belajar dalam kelompok kecil 4-5 orang.
e. Siswa mengerjakan soal halaman 155 latihan 1 no 2 latihan 2 no 1,2
f. Meminta perwakilan kelompok untuk Mempresentasikan hasil jawaban di depan kelas dan kelompok lainnya menanggapi.
g. Guru memberikan penilain dengan ucapan selamat kepada yang berhasil dan memberikan dukungan kepada yang belum berhasil.
h. Merefleksikan jawaban siswa untuk memperoleh kesimpulan
i. Pemberian soal sebagai tugas individu


Penutup :
a. Memberikan PR halaman 158 no 3
b. Membimbing siswa merangkum materi yang telah dibahas
c. Menyimpulkan materi

PERTEMUAN 2
Pendahuluan :
a. Membahas PR
b. Menyampaikan tujuan pembelajaran
c. Memberikan motivasi

Kegiatan Inti :
a. Dengan demonstrasi , guru menunjukkan cara mengukur sudut dengan menggunakan busur derajat.
b. Siswa diminta menggambar satu sudut siku, sudut lancip, dan sudut tumpul
c. Dengan teman sebangku saling tukar jawaban dan mencocokkan dengan busur
d. Merefleksikan jawaban siswa untuk memperoleh kesimpulan
e. Guru memberikan tugas individu menngambar sudut dan dikumpulkan

Penutup :
a. Memberikan PR buku paket halaman 159 katihan 2 no1,2
b. Membimbing siswa merangkum materi yang telah dibahas
c. Menyimpulkan materi

H. Sumber Belajar
1. Buku Sumber : 1. Buku Paket MGMP Matematika Kota Malang
2. LKS MGMP Matematika Kota Malang

I.Penilaian
• Teknik : Tes tulis
• Bentuk Instrumen : Daftar pertanyaan
• Instrumen :
1. Tentukan besar sudut di bawah ini dan jenis Sudutnya :
a. ⅛ sudut lurus
b. 2/3 putaran penuh
c. 6/5 sudut siku-siku

2. Hitunglah :
62°20’15” – 45°32’26”
3. Ubahlah satuan sudut berikut :
32°36’ =…°



Malang, Desember 2009





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Satuan Pendidikan : SMP :
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas / Semester : 7 / Genap
Alokasi Waktu : 4 x 40 menit ( 2 pertemuan )

A. Standar Kompetensi
Memahami hubungan garis dan sudut, garis dengan sudut , sudut dengan sudut, serta menentukan ukurannya

B. Kompetensi Dasar
5.2 Memahami sifat-sifat sudut yang terbentuk jika dua garis berpotongan atau dua garis sejajar berpotongan dengan garis lain

C. Indikator
1) Menemukan sifat sudut jika dua garis sejajar dipotong garis ketiga ( garis lain)
2) Menggunakan sifat-sifat sudut dan garis untuk menyekesaikan soal
3) Menyelesaikan soal sehari-hari dengan menggunakan sifat-sifat sudut yang terjadi jika dua garis sejajar dipotong oleh garis lain

D. Tujuan Pembelajaran
1) Siswa dapat menemukan sifat sudut jika dua garis sejajar dipotong garis ketiga (garis lain)
2) Siswa dapat meggunakan sifat-sifat sudut dan garis untuk menyelesasikan soal
3) Siswa dapat menyelesaikan soal sehari-hari dengan menggunakan sifat-sifat sudut yang terjadi jika dua garis sejajar dipotong oleh garis lain

E. Materi Pembelajaran
Garis dan sudut

F.Metode Pembelajaran
Tanya jawab, diskusi, dan demonstrasi

G. Langkah-langkah Kegiatan
PERTEMUAN 1
Pendahuluan :
a) Guru mengaitkan materi yang dipelajari dengan pengetahuan awal siswa
b) Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
c) Guru memberikan motivasi akan pentingnya mempelajari materi ini dan manfaat dalam kehidupan sehari-hari

Kegiatan Inti :
a) Dengan bimbingan guru dan bantuan gambar dua garis sejajar dipotong oleh garis ketiga siswa diarahkan untuk dapat menemukan sifat-sifat –sifatnya
b) Mengarahkan siswa belajar dalam kelompok kecil 4-5 orang
c) Siswa mengerjakan soal halaman 172 latihan 1 no 1, 2, 4
d) Meminta perwakilan kelompok untuk Mempresentasikan hasil jawaban di depan kelas dan kelompok lainnya menanggapi
e) Guru memberikan penilain dengan ucapan selamat kepada yang berhasil dan memberikan dukungan kepada yang belum berhasil
f) Merefleksikan jawaban siswa untuk memperoleh kesimpulan
g) Pemberian soal sebagai tugas individu

Penutup :
a) Membimbing siswa merangkum materi yang telah dibahas
b) Memberikan tugas rumah




PERTEMUAN 2
Pendahuluan :
a) Membahas soal-soal PR yang dianggap sulit oleh siswa.
b) Menyampaikan tujuan pembelajaran
c) Memberikan motivasi

Kegiatan Inti :
a) Dengan demonstrasi, guru menggambar dua garis sejajar yang dipotong oleh garis lain dan siswa mengingat akan sifat-sifatnya untuk menetukan besar sudut lainnya
b) Mengarahkan siswa belajar dalam kelompok kecil 4-5 orang, mengerjakan buku paket halaman 173 latihan 1 no 5, 6(a, c)
c) Meminta perwakilan kelompok untuk Mempresentasikan hasil jawaban di depan kelas dan kelompok lainnya menanggapi
d) Guru memberikan penilain dengan ucapan selamat kepada yang berhasil dan memberikan dukungan kepada yang belum berhasil
e) Merefleksikan jawaban siswa untuk memperoleh kesimpulan
f) Guru memberikan tugas individu buku paket halaman 173 latihan 1 no 6 (b, d) dikumpulkan

Penutup :
a) Memberikan PR buku paket halaman 174 no1,2
b) Membimbing siswa merangkum materi yang telah dibahas
c) Menyimpulkan materi

H. Sumber Belajar
1. Buku Sumber : 1. Buku Paket MGMP Matematika Kota Malang
2. LKS MGMP Matematika Kota Malang

I.Penilaian
• Teknik : Tes tulis
• Bentuk Instrumen : Daftar pertanyaan
• Instrumen :


1. Pada gambar berikut tentukan :

A
1 2 p
4 3


5 6 q
8 7
B
a. dua pasang sudut sehadap
b. dua pasang sudut dalam sepihak
c. dua pasang sudut luar berseberangan

2.


45° a b
c





Pada gambar di atas tentukan nilai a, b dan c



Malang, Desember 2009




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Satuan Pendidikan : SMP
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas / Semester : 7 / Genap
Alokasi Waktu : 4 x 40 menit ( 2 pertemuan )

A. Standar Kompetensi
5. Memahami hubungan garis dan sudut, garis dengan sudut , sudut dengan sudut, serta menentukan ukurannya

B. Kompetensi Dasar
5.3 Melukis sudut

C. Indikator
1) Melukis sudut yang besarnya sam dengan sudut yang diketahui dengan menggunakan busur dan jangka.
2) Melukis sudut 60° dan 90°

D. Tujuan Pembelajaran
1) Siswa dapat melukis sudut dengan menggunakan penggaris dan busur derajat
2) Siswa dapat melukis sudut 60° dan 90°

E. Materi Pembelajaran
Garis dan sudut

F.Metode Pembelajaran
Tanya jawab, diskusi, dan demonstrasi

G. Langkah-langkah Kegiatan
PERTEMUAN 1
Pendahuluan :
a) Dengan metode Tanya jawab guru mengingatkan materi yang telah dipelajari dan membahas PR
b) Menginformasikan dan memotivasi tujuan pembelajaran yang akan dicapai siswa dalam pelajaran ini

Kegiatan Inti :
a) Terlebih dulu guru meminta siswa memperlihatkan perlengkapan yang harus dibawa siswa (penggaris, busur derajat, jangka), sesuai dengan tugas yang diberikan pada materi /petemuan sebelumnya.
b) Jika ada yang tidak membawa guru mengingatkan untuk berikutnya siswa tersebut bias membeli / meminjam dari temannya di kelas lain.
c) Guru memulai menjelaskan bagaimana langkah-langkah melukis sudut yang besarnya sudahdiketahui dengan terlebih dulu menyebutkan unsur-unsur / nama-nama dari alat yang dipakai teutama dalam hal ini “busur derajat” dan siswa mengikuti langkah-langkah melukis sudut dengan menggunakan busur derajat dan penggaris.
d) Siswa diminta mengerjakan soal latihan 2 halaman 162
e) Guru meminta beberapa siswa mengerjakan latihan tersebut di papan tulis
f) Dengan berkeliling guru mengamati kegiatan siswa yang lain
g) Bersama-sama guru menganalisa pekerjaan siswa yang ada di papan tulis dan sekaligus menguraikan langkah-langkahnya
h) Guru memberikan pujian kepada siswa yang berhasil dan memberi semangat yang belum
i) Guru memberikan soal latihan yang hasilnya dikumpulkan

Penutup :
a) Bersama-sama siswa membuat rangkuman dari materi yang telah dibahas
b) Siswa diberi tugas untuk dikerjakan di rumah
c) Guru mengingatkan siswa untuk mempelajari maateri berikutnya

PERTEMUAN 2
Pendahuluan :
a) Dengan metode tanya jawab guru mengingatkan materi ssebelumnya dan membahas PR\
b) Menguraikan materi yang akan dipelajari kaitannya dengan materi yang lain atau dalam kehidupan sehari-hari
c) Memberikan motivasi siswa akan pentingnya tujuan pembelajaran yang akan dipelajari

Kegiatan Inti :
a) Guru meminta siswa memperlihatkan alat yang harus dibawa (penggaris, busur derajat, jangka), jika masih ada yang tidak membawa selama 2 kali berturut-turut siswa tersebut diingatkan dan dicatat
b) Bersama siswa menguraikan cara / langkah-langkah melukis sudut yang besarnya 60° dan 90°dengan menggunakan busur derajat dan penggaris
c) Mengarahkan siswa belajar dalam kelompok kecil 2-5 orang
d) Guru meminta tiap-tiap kelompok untuk mencari cara lain dari pekerjaan di atas tanpa menggunakan busur derajat melainkan dengan jangka dan penggaris sesuai dengan acuan di buku halaman 164 sekaligus menuliskan langkah-langkah pengerjaannya dengan bahasa dari tiap—tiap kelompok
e) Guru meminta salah satu kelompok mempresentasikan hasil yang sudah diperoleh di depan kelas /papan tulis
f) Guru berkeliling melakukan penilaian proses baik secara individu maupun secara kelompok
g) Guru memberikan pujian kepada siswa yang berhasil dan memberi semangat yang belum
h) Bersama-sama siswa guru menguraikan kesimpulan / langkah-langkah melukis sudut 60° dan 90° dengan menggunakan penggaris dan jangka
i) Masing kelompok diminta mengerjakan / melukis sudut yang besarnya 120°, 150°, 180°, 270° dan 360° dan hasilnya dikumpulkan

Penutup :
a) Bersama-sama siswa membuat rangkuman dari materi yang sudah dibahas
b) Siswa diberi tugas / PR halaman 164 latihan 3
c) Guru mengingatkan siswa untuk mempelajari materi berikutnya dan mengingatkan untuk selalu membawa perlengkapan / alat tulis untuk memperlancar kegiatan pembelajaran
H. Sumber Belajar
• Buku Sumber : Buku paket Matematika Dinas Pendidikan Kota Malang
• Bahan dan Alat : LKS

I.Penilaian
• Teknik : Tes tulis
• Bentuk Instrumen : Daftar pertanyaan
• Instrumen :
1. Dengan menggunakan busur derajat lukislah sudut yang besarnya sama dengan yang ada pada gambar





2.Buatlah sudut ABC = 75° pada garis berikut :

B
B C

C




Malang, Desember 2009




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Satuan Pendidikan : SMP
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas / Semester : 7 / Genap
Alokasi Waktu : 4 x 40 menit ( 2 pertemuan )

A. Standar Kompetensi
5. Memahami hubungan garis dan sudut, garis dengan sudut , sudut dengan sudut, serta menentukan ukurannya

B. Kompetensi Dasar
5.4 Membagi Sudut

C. Indikator
1) Membagi sudut menjadi 2 sama besar
2) Melukis sudut 30°, 45°, 120°, dan 150°

D. Tujuan Pembelajaran
1) Siswa dapat membagi sudut menjadi 2 sama besar
2) Siswa dapat melukis sudut 30°, 45°,120°,dan 150°

E. Materi Pembelajaran
Garis dan sudut

F.Metode Pembelajaran
Tanya jawab, diskusi kelompok, demonstrasi

G. Langkah-langkah Kegiatan
PERTEMUAN 1
Pendahuluan :
a) Dengan metode Tanya jawab guru mengingatkan materi yang telah dipelajari dan membahas PR
b) Menguraikan dan memotivasi anak / siswa akan pentingnya materi yang akan dipelajari kaitannya dengan materi sebelumnya / materi yang akan datang
Kegiatan Inti :
a) Guru mendemonstrasikan cara membagi suatu sudut yang terlebih dahulu dibuat sudut
b) Bersama-sama siswa menuliskan langkah-langkah / cara membagi sudut dengan menggunakan jangka dan penggaris
c) Guru meminta siswa mengejakan tugas secara berkelompok dari soal-soal yang sudah disiapkan / disediakan oleh guru untuk masing-masing kelompok dan selanjutnya dikumpulkan
d) Guru meminta salah satu kelompok mempresentasikan hasil yang sudah diperoleh di depan kelas /papan tulis dengan terlebih dahulu memberi motivasi agar tidak takut maju ke depan kelas
e) Bersama-sama siswa guru menilai jawaban dari masing-masing kelompok dengan memberi tepuk tangan bagi yang berhasil dan memberi support yang belum
f) Dengan berkeliling guru mengamati kegiatan siswa baik secara individu maupun kelompok

Penutup :
a) Bersama-sama siswa membuat rangkuman dari materi yang telah dibahas
b) Siswa diberi tugas latihan 4 halaman 165
c) Guru mengingatkan siswa untuk mempelajari materi berikutnya

PERTEMUAN 2
Pendahuluan :
a) Membahas PR dari pertemuan sebelumnya yang dirasa sulit oleh siswa
b) Memberikan motivasi siswa akan pentingnya materi ini dengan materi sebelum maupun materi yang akan dating

Kegiatan Inti :
a) Bersama-sama siawa menentukan langkah-langkah / cara melukis sudut yang besarnya 30°, 45°, 120°, dan 150°, atau dengan siswa dikelompokkan dan dari masing-masing kelompok diminnta untuk menemukan cara melukis sudut-sudut tersebut di atas
b) Guru meminta salah satu kelompok mempresentasikan hasil yang sudah diperoleh di depan kelas /papan tulis dengan
c) Dengan berkeliling guru mengamati kegiatan siswa baik secara individu maupun kelompok

Penutup :
a) Bersama-sama siswa membuat rangkuman dari materi yang sudah dibahas
b) Siswa diberi tugas / PR
c) Guru mengingatkan siswa untuk mempelajari materi berikutnya dan mengingatkan untuk selalu membawa perlengkapan / alat tulis untuk memperlancar kegiatan pembelajaran

H. Sumber Belajar
1. Buku Sumber : 1. Buku Paket MGMP Matematika Kota Malang
2. LKS MGMP Matematika Kota Malang

I.Penilaian
• Teknik : Tes tulis
• Bentuk Instrumen : Uraian dan pilihan ganda
Instrumen :



Malang, Desember 2009

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Berikan komentar anda. Trima kasih...