03 Januari 2010

RPP Persamaan dan pertidaksaman linear satu variabel

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Satuan Pendidikan : SMP
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas / Semester : 7 / Ganjil
Materi pokok : Persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel
Alokasi Waktu : 6 x 40 menit ( 3 pertemuan )

A. Standar Kompetensi
Memahami bentuk aljabar, persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel

B. Kompetensi Dasar
2.3 Menyelesaikan persamaan linear satu variabel

C. Indikator
• Mengenali PLSV dalam berbagai bentuk dan variabel
• Menentukan bentuk setara dari PLSV dengan cara kedua ruas ditambah, dikurangi, dikalikan atau dibagi dengan bilangan yang sama
• Menentukan penyelesaian PLSV

D. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat mengenal PLSV dalam berbagai bentuk dan variabel
2. Siswa dapat menentukan bentuk setara dari PLSV
3.Siswa dapat menentukan penyelesaian PLSV

E. Materi Pembelajaran
Persaman linear satu variabel

F.Metode Pembelajaran
Diskusi kelompok dan demonstrasi

G. Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan 1
Pendahuluan :
• Memotivasi siswa dengan memberikan contoh pentingnya mempelajari PLSV
• Menyampaikan tujuan pembelajaran
• Mendiskusikan soal pemahaman konsep terpilih
Kegiatan Inti :
• Dengan diskusi siswa dibimbing untuk memahami pengertian PLSV
• Siswa secara individu mengerjakan latihan soal dari buku paket halaman 84
• Dua atau tiga orang siswa diminta untuk mempersentasikan hasil pekerjaannya
• Merefleksikan jawaban siswa untuk memperoleh kesimpulan
• Siswa mendiskusikan hasil pekerjaannya, guru memimpim diskusi
Penutup :
• Siswa dipandu untuk membuat rangkuman tentang materi yang telah dibahas
• Memberikan Tugas rumah dengan soal dibuat guru.

PERTEMUAN 2
Pendahuluan :
• Membahas tugas rumah yang telah diberikan sebelumnya.
• Memotivasi siswa dengan memberikan contoh pentingnya mempelajari PLSV
• Menyampaikan tujuan pembelajaran
• Mendiskusikan soal pemahaman konsep terpilih

Kegiatan Inti :
• Dengan diskusi siswa dibimbing dalam menentukan bentuk setara dari PLSV dengan cara kedua ruas ditambah atau dikurangi bilangan yang sama
• Siswa diberi soal latihan dari buku paket halaman 87 dan LKS
• Guru membimbing siswa dalam menentukan bentuk setara dari PLSV dengan cara kedua ruas dikali atau dibagi dengan bilangan yang sama
• Siswa diberi soal latihan dari buku paket halaman 87 dan LKS
• Mempresentasikan hasil jawaban siswa
• Merefleksikan jawaban siswa untuk memperoleh kesimpulan
Penutup :
• Siswa dipandu untuk membuat rangkuman tentang cara menentukan bentuk setara dari PLSV.
• Memberikan tugas rumah

PERTEMUAN 3
Pendahuluan :
• Membahas tugas rumah yang telah diberikan sebelumnya.
• Memotivasi siswa dengan memberikan contoh pentingnya mempelajari PLSV
• Menyampaikan tujuan pembelajaran
• Mendiskusikan soal pemahaman konsep terpilih

Kegiatan Inti :
• Dengan diskusi siswa dibimbing dalam menyelesaikan PLSV.
• Siswa dikondisikan secara berkelompok untuk mengerjakan latihan soal di buku paket halaman 87 latihan 5.
• Masing-masing kelompok mendiskusikan pekerjaannya, guru memimpin jalannya diskusi.
• Dua atau tiga kelompok diminta untuk mempersentasikan hasil diskusinya sementara siswa lain menanggapinya.
• Merefleksikan jawaban siswa untuk memperoleh kesimpulan.

Penutup :
• Siswa dipandu untuk membuat rangkuman tentang menyelesaikan PLSV.
• Memberikan tugas rumah buku paket halaman 88 latihan 6



H. Sumber Belajar
1. Buku Sumber : 1. Buku Paket MGMP Matematika Kota Malang
2. LKS MGMP Matematika Kota Malang

I.Penilaian
• Teknik : Tes tulis
• Bentuk Instrumen : uraian
Instrumen :
1. Manakah yang merupakan PLSV?
a. x + 3
b. y – 3x = 0
c. 3x – 6 = 9
d. a + 4 = 18

2. Tulislah lima persamaan lain yang setara dengan:
a. 4 – 2x = 6
b. x + 7 = 10

3. Carilah penyelesaian dari persamaan di bawah ini dengan cara yang mudah.
a. 64 = n + 34
b. 5 – 3p = 9 – p


Malang, Desember 2009


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Satuan Pendidikan : SMP
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas / Semester : 7 / Ganjil
Materi Pokok : Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel
Alokasi Waktu : 5 x 40 menit ( 3 pertemuan )

A. Standar Kompetensi
Memahami bentuk aljabar, persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel

B. Kompetensi Dasar
2.4. Menyelesaikan pertidaksaman linear satu variabel

C. Indikator
• Mengenali PtLSV dalam berbagai bentuk dan variabel
• Menentukan bentuk setara dari PtLSV dengan cara kedua ruas ditambah, dikurangi, dikalikan atau dibagi dengan bilangan yang sama
• Menentukan penyelesaian PtLSV

D. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat mengenal PtLSV dalam berbagai bentuk dan variabel
2. Siswa dapat menentukan bentuk setara dari PtLSV
3.Siswa dapat menentukan penyelesaian PtLSV

E. Materi Pembelajaran
Pertidaksamaan linear satu variabel

F.Metode Pembelajaran
Diskusi kelompok dan Tanya jawab

G. Langkah-langkah Kegiatan
PERTEMUAN 1
Pendahuluan :
• Memberikan motivasi dengan menjelaskan pentingnya materi ini untuk memahami materi selanjutnya dan manfaatnya dalam membantu mempermudah menyesuaikan perhitungan dalm kehidupan sehari-hari.
• Menyampaikan tujuan pembelajaran

Kegiatan Inti :
• Menanyakan pada siswa pengertian pertidaksamaan.
• Siswa disuruh menyebutkan masalah pertidaksamaan yang terkait dengan kejadian sehari-hari.
• Mengarahkan siswa untuk mengenali Pertidaksamaan linear satu variabel dalam beberapa bentuk dan variabel dengan beberapa contoh soal.
• Memberikan latihan soal dari buku paket matematika halaman …. No….secara individu.
• Secara berkelompok mendiskusikan hasil dari individu, guru memberikan motivasi untuk bekerja sama.

Penutup :
• Siswa dipandu untuk membuat rangkuman tentang materi yang telah dibahas
• Memberikan PR buku paket halaman 90 lat 7

PERTEMUAN 2
Pendahuluan :
• Membahas tugas rumah yang telah diberikan sebelumnya.
• Memberikan motivasi dengan menjelaskan pentingnya materi ini untuk memahami materi selanjutnya dan manfaatnya dalam membantu mempermudah menyesuaikan perhitungan dalm kehidupan sehari-hari.
• Menyampaikan tujuan pembelajaran

Kegiatan Inti :
• Guru membimbing siswa dalam menentukan bentuk setara dari PtLSV dengan cara kedua ruas ditambah atau dikurangi dengan bilangan yang sama.
• Siswa diberi soal latihan buku paket matematika halaman 91 latihan 8
• Guru membimbing siswa dalam menentukan bentuk setara dari PtLSV dengan cara kedua ruas dikali atau dibagi dengan bilangan yang sama.
• Siswa diberi soal latihan buku paket matematika halaman 92 latihan 9
• Mempresentasikan hasil jawaban siswa.
• Merefleksikan jawaban siswa untuk memperoleh kesimpulan

Penutup
• Siswa dipandu untuk membuat rangkuman tentang materi yang telah dibahas
• Memberikan PR

PERTEMUAN 3
Pendahuluan :
• Membahas tugas rumah yang telah diberikan sebelumnya.
• Memberikan motivasi dengan menjelaskan pentingnya materi ini untuk memahami materi selanjutnya dan manfaatnya dalam membantu mempermudah menyesuaikan perhitungan dalm kehidupan sehari-hari.
• Menyampaikan tujuan pembelajaran

Kegiatan Inti :
• Dengan diskusi siswa dibimbing untuk menyelesaikan PtLSV.
• Siswa diminta membuat contoh PtLSV dan menyelesaikanya.
• Dengan bserdisksui siswa menemukan cara menyelesaikan PtLSV jika korfisiennya negative.
• Siswa diberi latihan untuk dikerjakan secara kelompok dari buku paket halaman 93
• Siswa Mempresentasikan hasil jawaban soal
• Merefleksikan jawaban siswa untuk memperoleh kesimpulan
• Siswa mengerjakan soal yang lain
• Siswa mendiskusikan hasil pekerjaannya, guru yang memimpin diskusi
Penutup :
• Siswa dipandu untuk membuat rangkuman tentang cara menyelesaikan PtLSV.
• Memberikan PR

H. Sumber Belajar
1. Buku Sumber : 1. Buku Paket MGMP Matematika Kota Malang
2. LKS MGMP Matematika Kota Malang

I.Penilaian
• Teknik : Tes tulis
• Bentuk Instrumen : piihan ganda dan uraian
• Instrumen : 1. Manakah yang merupakan PtLSV
a. 3a + 5 > 2 d. 5y ≥ 10
b. -4h + 4 ≤ 5 e. –p = -5
c. 8x – 7 =10
2. Bentuk yang setara dengan 6x – 8 ≥ 10 adalah…
a. 5x + 7 ≥ 9 c. 2x - 4 ≥ 5
b. 5x + 8 ≥ 10 d. -3x + 4 ≥ -5
3. Carilah Penyelesian dari 3m -2 ≥ 10




Malang, November 2009



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Satuan Pendidikan : SMP
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : VII / Gasal
Materi Pokok : Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel
Alokasi Waktu : 4 x 40’

A. Standar Kompetensi :
3. Menggunakan bentuk aljabar persamaan dan pertidaksamaan satu variable dan perbandingan dalam pemecahan masalah.

B. Kompetensi Dasar:
3.1. Membuat model matematika dari masalah yang berkaitan dengan Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel.

C. Indikator:
1. Mengubah masalah ke dalam model matematika berbentuk persamaan linear satu variable.
2. Mengubah masalah ke dalam model matematika berbentuk pertidaksamaan linear satu variable.

D. Tujuan Pembelajaran:
I. 1. Mendiskusikan model matematika.
2. Mengubah masalah ke dalam model matematika berbentuk persamaan linear satu variable.
II. 3 Membuat model matematika suatu masalah sehari-hari dalam bentuk pertidak samaan linear satu variabel.

E. Materi Pembelajaran:
1. Persamaan Linear Satu Variabel
2. Pertidaksamaan Linear Satu Variabel

F. Metode Pembelajaran:
Ceramah, Tanya jawab, dan diskusi kelompok menggunakan pendekatan Kontekstual dengan model pembelajaran Cooperative Learning

G. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan I
Pendahuluan
a. Memberikan Motivasi dengan menjelaskan pentingnya materi persamaan linear satu variable untuk memahami materi selanjutnya dan manfaatnya dalam membantu mempermudah menyelesaikan perhitungan dalam kehidupan sehari-hari.
b. Menginformasikan akan tujuan pembelajaran yang akan dicapai siswa dalam pembelajaran ini.



Kegiatan Inti
a. Guru mengelompokkan siswa menjadi beberapa kelompok secara hiterogen dengan jumlah anggota per kelompok 5 s.d. 6 siswa, jika tidak mungkin dibuat berpasangan atau sebangku.
b. Masing-masing kelompok mengerjakan dan mendiskusikan lembar tugas tentang persamaan linear satu variable yang telah disiapkan guru. (LKS)
c. Guru memotivasi dan melakukan penilai proses/kinerja kelompok/performan anggotanya.
d. Hasil kerja/diskusi kelompok ditulis dalam lembar hasil kerja kelompok.
e. Dua atau tiga kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil diskusinya kemudian diadakan diskusi antar kelompok dengan dipandu oleh guru.
f. Siswa mengumpulkan hasil diskusi kelompok, guru melaksanakan penilaian hasil kerja.
g. Siswa mengerjakan tugas/soal evaluasi individual (LKS)
h. Siswa mengumpulkan hasil evaluasi individual, guru melaksanakan penilaian hasil kerja.

Kegiatan Penutup
a. Guru bersama siswa membuat simpulan dari materi yang telah dibahas.
b. Guru memberikan tugas rumah buku paket hal …. no ….

Pertemuan II
Pendahuluan
a. Memberikan Motivasi dengan menjelaskan pentingnya materi pertidaksamaan linear satu variable untuk memahami materi selanjutnya dan manfaatnya dalam membantu mempermudah menyelesaikan perhitungan dalam kehidupan sehari-hari.
b. Menginformasikan akan tujuan pembelajaran yang akan dicapai siswa dalam pembelajaran ini.

Kegiatan Inti
a. Guru menjelaskan cara mneyatakan suatu kalimat (kata-kata) dalam symbol matematika.
b. Siswa secara individu Lembar Kerja Siswa dan guru mendiskusikannya dengan siswa.
c. Guru bersama siswa membahas pengertian pertidaksamaan linear satu variable.
d. Siswa diminta memberikan contoh masalah dalam kehidupan sehari-hari yang dapat dinyatakan sebagai pertidaksamaan linear satu variable.
e. Siswa secara berkelompok mengerjakan latihan soal, guru sebagai fasilitator.
f. Guru memotivasi dan melakukan penilai proses/kinerja kelompok/performan anggotanya.
g. Hasil kerja/diskusi kelompok ditulis dalam lembar hasil kerja kelompok.
h. Dua atau tiga kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil diskusinya kemudian diadakan diskusi antar kelompok dengan dipandu oleh guru.
i. Guru bersama siswa membahas tentang sifat menambah, mengurangi, mengalikan, dan membagi pada pertidaksamaan linear satu variable kemudian mendiskusikannya.
j. Siswa mengerjakan tugas/soal evaluasi individual (LKS) kemudian mendiskusikannya.

Kegiatan Penutup
a. Guru bersama siswa membuat simpulan dari materi yang telah dibahas.
b. Guru memberikan tugas rumah buku paket hal …. no ….

H. Sumber Belajar:
1. Buku Sumber : 1. Buku Paket MGMP Matematika Kota Malang
2. LKS MGMP Matematika Kota Malang

I. Penilaian:
1. Teknik : Tes tulis, Quis
2. Bentuk Instrumen : Pilihan ganda dan uraian
3. Instrumen :

1) Nyatakanlah ke dalam model matematika. Umur Ibu Suri tiga kali umur Asih. Ibu Suri 24 tahun lebih tua dari Asih.
2) Nyatakanlah ke dalam model matematika.Sebuah bilangan dikalikan 2 kemudian ditambah 15, hasilnya akan lebih besar dari 20

Malang, Desember 2009




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Satuan Pendidikan : SMP
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : VII / Ganjil
Materi Pokok : Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel
Alokasi Waktu : 2 x 40’

A. Standar Kompetensi :
3. Menggunakan bentuk aljabar persamaan dan pertidaksamaan satu variable dan perbandingan dalam pemecahan masalah.

B. Kompetensi Dasar:
3.2. Menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel.

C. Indikator:
1. Menyelesaikan model matematika suatu masalah yang berkaitan dengan persamaan linear satu variable.
2. Menyelesaikan model matematika berbentuk pertidaksamaan linear satu variable.

D. Tujuan Pembelajaran:
I. 1. Menyelesaikan masalah sehari-hari yang diubah ke dalam model matematika berbentuk persamaan linear satu variable.
II. 2. Menyelesaikan masalah sehari-hari yang diubah ke dalam model matematika berbentuk persamaan linear satu variable.

E. Materi Pembelajaran:
1. Persamaan Linear Satu Variabel
2. Pertidaksamaan Linear Satu Variabel

F. Metode Pembelajaran:
Ceramah, Tanya jawab, dan diskusi kelompok menggunakan pendekatan Kontekstual dengan model pembelajaran Cooperative Learning

G. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan I
Pendahuluan
a. Memberikan Motivasi dengan menjelaskan pentingnya materi persamaan linear satu variable untuk memahami materi selanjutnya dan manfaatnya dalam membantu mempermudah menyelesaikan perhitungan dalam kehidupan sehari-hari.
b. Menginformasikan akan tujuan pembelajaran yang akan dicapai siswa dalam pembelajaran ini.




Kegiatan Inti
a. Guru mengelompokkan siswa menjadi beberapa kelompok secara hiterogen dengan jumlah anggota per kelompok 5 s.d. 6 siswa, jika tidak mungkin dibuat berpasangan atau sebangku.
b. Masing-masing kelompok mengerjakan dan mendiskusikan lembar tugas tentang penerapan persamaan linear satu variable dalam kehidupan nyata yang telah disiapkan guru. (LKS)
c. Guru memotivasi dan melakukan penilai proses/kinerja kelompok/performan anggotanya.
d. Hasil kerja/diskusi kelompok ditulis dalam lembar hasil kerja kelompok.
e. Dua atau tiga kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil diskusinya kemudian diadakan diskusi antar kelompok dengan dipandu oleh guru.
f. Siswa mengumpulkan hasil diskusi kelompok, guru melaksanakan penilaian hasil kerja.
g. Siswa mengerjakan tugas/soal evaluasi individual (LKS)
h. Siswa mengumpulkan hasil evaluasi individual, guru melaksanakan penilaian hasil kerja.

Kegiatan Penutup
a. Guru bersama siswa membuat simpulan dari materi yang telah dibahas.
b. Guru memberikan tugas rumah buku paket hal …. no ….

Pertemuan II
Pendahuluan
c. Memberikan Motivasi dengan menjelaskan pentingnya materi pertidaksamaan linear satu variable untuk memahami materi selanjutnya dan manfaatnya dalam membantu mempermudah menyelesaikan perhitungan dalam kehidupan sehari-hari.
d. Menginformasikan akan tujuan pembelajaran yang akan dicapai siswa dalam pembelajaran ini.

Kegiatan Inti
i. Guru mengelompokkan siswa menjadi beberapa kelompok secara hiterogen dengan jumlah anggota per kelompok 5 s.d. 6 siswa, jika tidak mungkin dibuat berpasangan atau sebangku.
j. Masing-masing kelompok mengerjakan dan mendiskusikan lembar tugas tentang penerapan pertidaksamaan linear satu variable dalam kehidupan nyata yang telah disiapkan guru. (LKS)
k. Guru memotivasi dan melakukan penilai proses/kinerja kelompok/performan anggotanya.
l. Hasil kerja/diskusi kelompok ditulis dalam lembar hasil kerja kelompok.
m. Dua atau tiga kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil diskusinya kemudian diadakan diskusi antar kelompok dengan dipandu oleh guru.
n. Siswa mengumpulkan hasil diskusi kelompok, guru melaksanakan penilaian hasil kerja.
o. Siswa mengerjakan tugas/soal evaluasi individual (LKS)
p. Siswa mengumpulkan hasil evaluasi individual, guru melaksanakan penilaian hasil kerja.

Kegiatan Penutup
c. Guru bersama siswa membuat simpulan dari materi yang telah dibahas.
d. Guru memberikan tugas rumah buku paket hal …. no ….

H. Sumber Belajar:
1. Buku Sumber : 1. Buku Paket MGMP Matematika Kota Malang
2. LKS MGMP Matematika Kota Malang

I. Penilaian:
1. Teknik : Tes tulis, Quis
2. Bentuk Instrumen : Pilihan ganda dan uraian
3. Instrumen :

1) Alison dan Keli mempunyai uang sebanyak Rp350.000,00. Jika uang Keli 4 kali lebih banyak dari uang Alison, berapa jumlah uang Alison dan Keli masing-masing?
2) Umur Thomas adalah x tahun dan umur Gary 4 tahun lebih tua. Jumlah umur mereka kurang dari 24. Berapakah umur Thomas?
3) Penyelesaian dari 7 – 3(y – 2) = 19 adalah ….



Malang, Desember 2009

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Berikan komentar anda. Trima kasih...